Penyakit Lupus Eritematosus Sistemik

Penyakit Lupus Eritematosus Sistemik – Secara global, diperkirakan terdapat 5 juta orang dengan lupus. Di Indonesia jumlah kasus penyakit lupus eritematosus sistemik yang tercatat mencapai 8.693 orang hidup dengan lupus atau meningkat dua kali dibandingkan dengan tahun 2004. Jumlah diyakinin adalah puncak gunung es karena banyak orang hidup dengan lupus tidak terdiagnosis.  Menurut survey, 9 dari 10 penderita lupus adalah perempuan. Lupus terdapat dalam da sampai tiga kasus lebih banyak pada ras Afrika, Asia, Hispanik, dan Amerika asli. Lupus terdeteksi lebih banyak pada masa produktif, yaitu usia 15-44 tahun.  Sejauh ini hanya 10 persen dari orang hidup dengan lupus yang memiliki saudara dekat  (orang tua atau saudara) yang juga terkena atau mungkin terserang lupus. Hanya sekitar 5  persen dari bayi yang dilahirkan oleh orang hidup dengan lupus kemungkinan akan terkena penyakit ini.

Penyakit Lupus Eritematosus Sistemik

Penyakit Lupus Eritematosus Sistemik

Penyakit Lupus

Penyakit lupus  eritematosus tidak menular, langka, bersifat seperti penyakit kanker. Belum diketahui secara pasti penyebab lupus. Namun, para penelit meyakini faktor genetic meningkatkan resiko terkena lupus. Faktor lingkungan juga bisa memicu lupus,  diantaranya infeksi, obat-obatan, sinar ultraviolet, bahan kimia, stress, dan hormone.  Sejauh ini ada beberapa tipe lupus. Meski tampak serupa, tiap tipe lupus mempunyai  perbedaan gejala dan pengobatan. Lupus eritematosus sistemik    dapat menyerang beberapa bagian tubuh termasuk kulit, paru-paru, ginjal, dan darah. Adapun discoid lupus erythematosus hanya menyerang kulit.

Tipe lain adalah drug induced lupus erythematosus yang terjadi setelah penderita mengonsumsi obat.  Gejala penyakit lupus eritematosus sistemik hilang begitu penderita berhenti  memakai obat penyebab lupus. Sementara it,u, neonatal lupus menyerang bayi yang batu lahir.  Lupus dikenal  sebagai penyakit dengan seribu wajah  sehingga menyulitkan proses diagnosis. Tidak ada dua kasus lupus yang serupa. Hal tersebut disebabkan organ tubuh yang diserang antibody dalam tubuh bisa beragam dan itu juga menimbulkan manifestasi klinis berbeda.

Sinyal dan gejala pada penyakit lupus eritematosus sistemik ini berkembang secara perlahan atau kadang akut, bisa sementara atau permanen, tergantung dari organ tubuh mana yang terserang. Gejalanya  dapat tersamar, bahkan bisa masuk masa remisi hingga mencapai beberapa tahun sebelum terdiagnosis.  Beberapa gejala yang dijumpai adalah sakit pada sendi, demam, sendi bengkak, lelah berkepanjangan, ruam pada kulit, anemia, dan gangguan ginjal. Sejumlah gejala lain adalah sakit di dada saat tarik napas dalam, ruam bentuk kupu-kupu melintang pada pipi dan hidunh, sensitive pada matahari atau sinar, rambut rontok, jari jadi putih, atau biru pada saat dingin, penyakit stroke dan sariawan.

Lupus bisa menyebabkan trombosit jadi rendah, sakit kepala, stroke, dan keguguran. Penyakit otoimun ini juga bisa menyebabkan gangguan pembuluh darah kecil. Lupus mengganggu  mekanisme pembekuan darah, darah mudah membeku yang menyebabkan stroke.  Lupus sulit terdiagnosisi. Jika perempuan muda sakit dan tak juga kunjung sembuh meski bolak balik berobat ke dokter, ia patut diduga kena lupus. Sebagai contoh, penderita didiagosis demam berdarah karena trombositnya rendah dan ada bercak merah, tetapi tidak juga pulih.

 Gejala Penyakit Lupus

Gejala dari penyakit lupus eritematosis sistemik bervariasi, semua tergantung dari bagian tubuh mana yang diserang dan juga melibatkan banyak organ tubuh di dalam tubuh manusia dengan suatu perjalanan klinis yang terjadi secara kompleks dan sangat beragam. Biasanya bisa ditandai dengan serangan akut, periode aktif, kompleks dan juga remisi dan biasanya lebih sering terjadi pada keadaan awal yang tidak dikenal sebagai penyakit lupus. Hal ini biasanya bisa terjadi akibat dari gejala penyakit lupus dan seringkali tidak akan terjadi dan terlihat dalam waktu yang bersamaan. Seseorang bisa saja selama beberapa tahun ini mengeluhkan nyeri sendi yang terjadi secara berpindah-pindah namun tanpa adanya suatu keluhan yang lain. Kemudian setelah itu akan diikuti dengan gejala klinis yang lain misalnya adalah terjadinya fotosensitivitas dan juga lain sebagainya yang pada akhirnya akan memenuhi suatu kriteria pada penyakit lupus.

Kelelahan adalah salah satu faktor atau suatu keluhan yang terjadi secara umum dan banyak di jumpai pada penderita penyakit lupus dan hal ini biasanya terjadi mendahului dari berbagai gejala klinis yang lain. Kelelahan ini agaknya masih sulit untuk dinilai karena kondisi lain yang banyak yang masih bisa mengakibatkan terjadinya suatu kelelahan, misalnya adalah penyakit anemia, meningkatnya tekanan pekerjaan, konflik suatu kejiwaan, serta pemakaian jenis obat-obatan tertentu misalnya adalah prednison. Jika kelelahan ini disebabkan karena suatu aktivitas penyakit lupus, maka sangat diperlukan sekali suatu pemeriksaan penunjang yang lainnya yakni adalah seperti kadar C3 serum yang sangat rendah. Dan kelelahan yang terjadi akibat dari penyakit ini biasanya akan memberikan suatu respons pada pemberian jenis obat steroid atau juga latihan.

Berat badan yang menurun juga sering terlihat pada penderita penyakit lupus dan biasanya terjadi setelah beberapa bulan sebelum penegakkan diagnosis. Penurunan dari berat badan ini bisa diakibatkan karena nafsu makan yang menurun atau bisa juga disebabkan karena gejala gastrointestinal. Selain itu, demam adalah salah satu bentuk gejala konstitusional penyakit lupus yang susah untuk dibedakan dari penyebab lainnya misalnya adalah terjadinya suatu infeksi akibat dari suhu tubuh yang meningkat lebih dari 40 derajat celcius tanpa adanya suatu bukti dari infeksi yang lainnya misalnya adalah seperti leukositosis. Demam yang terjadi akibat dari penyakit lupus ini biasanya tidak disertai juga dengan menggigil.

Penyakit Lupus Eritematosus Sistemik

Cara Pemesanan Jelly Gamat Obat Penyakit Lupus
Membantu Pengobatan Penyakit Lupus dan Mengurangi Gejalanyajelly-gamat-luxor

Harga 1 Botol Jeli Gamat Luxor Obat Penyakit Lupus Isi 350 ml = Rp. 265.000,-/botolpesansp

Cara Pemesanan: SMS ke 0852-1617-3280, tuliskan : Pesan Jeli Gamat Luxor Obat Penyakit Lupus, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap


=====================================

>>> Jeli Gamat Luxor Untuk Mengatasi Penyakit Penyakit Lupus dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Lupus and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.