Penyakit Lupus Menular atau Tidak

Penyakit Lupus Menular atau Tidak  – Lingkungan kita penuh dengan zat kimia dan mikroba yang dapat membawa atau memperburuk penyakit autoimun. Selain itu, sinar matahari memainkan peran, seperti juga pola makan. Hanya sebagian kecil orang yang terkena unsur-unsur “lupogenic” mengidap penyakit ini dengan anggapan kode genetis tertentu meningkatkan faktor-faktor risiko.

Penyakit Lupus Menular atau Tidak

Penyakit Lupus Menular atau Tidak

Penyakit Lupus

Jumlah unsur-unsur lupogenic yang dapat menyebabkan penyakit ini belum diketahui dan tidak semua orang berisiko terkena gejala-gejalanya. Penting ditekankan bahwa jika Anda berisiko secara genetis, sebaiknya Anda melakukan tindakan pencegahan dengan menjauhi terpaan lingkungan yang tidak penting, tetapi Anda tidak perlu merasa takuut terhadap lingkungan sehingga Anda tidak bisa menjalankan fungsi-fungsi sosial.

Sementara anggota-anggota keluarga mungkin memiliki unsur genetis yang sama dengan pasien lupus, pertanyaan yang sering terlontar adalah apakah Penyakit Lupus Menular atau Tidak ? Penelitian kami menyatakan bahwa lupus tidak menular dari seseorang kepada yang lain, seperti pada penyakit infeksi. Penting diingat bahwa genetis dan lingkungan memainkan peran dalam membawa, meredakan, memperburuk maupun memicu lupus.

Penyakit lupus menular atau tidak, ini yang harus dijelaskan lagi bahwa penyakit lupus tidak menular. Penyakit lupus merupakan salah satu bentuk peradangan yang terjadi secara kronik yang diakibatkan karena penyakit autom imun dan juga terjadi jika tisu pada badan diserang oleh sistem keimunan di dalam tubuh. Sistem imun sendiri adalah salah satu sistem yang sangat komprleks. Pada penyakit lupus sendiri, sistem kekebalan tubuh sudah tidak bisa membedakan lagi mana kawan dan juga mana lawan. Ibaratnya ditembok oleh pistol yang kita pegang sendiri.

Namun, hal yang paling berbahaya adalah penyakit lupus ini sulit untuk didiagnosis. Penyakit ini masih terbilang sulit untuk bisa terdeteksi. Banyak dari pasien yang masih bolak balik melakukan pemeriksaan ke dokter karena penyakit ini masih tidak kunjung sembuh juga. Dan bertahun-tahun kemudian penyakit ini bisa didiagnosis. Jadi penyakit ini tidak bisa didiagnosis pada saat pertama kali pasien melakukan pemeriksaan ke dokter. Dokter biasanya memutuhkan alat rekam medis yang lumayan cukup panjang, membutuhkan wawancara yang lebih mendalam lagi mengenai riwayat dari kesehatan si pasien dan juga anggota keluarganya, dan termasuk salah satuanya adalah melakukan berbagai tes lab sebelum kemudian menegakkan diagnosis tersebut.

Diagnosis Penyakit Lupus

Hal lainnya yang bisa membuat penyakit lupus menjadi sulit untuk didiagnosis adalah gejala dari penyakit lupus tidak khas, dan lebih mirip kepada jenis penyakit lain, gejala penyakit lupus yang muncul biasanya tergantung dari bagian tubuh mana yang mengalami serangan. Dan anehnya adalah tidak ada kasus penyakit lupus yang mirip tersebut. Itu disebabka karena bagian tubuh yang diserang berbeda. Jika memang bagian tubuh yang diserang sama, biasanya gejala yang muncul akan lain dan tidak sama. Selain itu ditambah lagi gejala yang akan mengalami perkembangan secara perlahan. Hal ini bisa saja terjadi secara sementara dan juga secara permanen atau menetap.

Gejala penyakit lupus yang terjadi bisa saja ringan dan pada penderita penyakit lupus yang lain bisa menjadi sangat berat dan bisa membahayakan jiwa si penderita. Itu mengapa penyakit lupus juga dikenal sebagai salah satu penyakit dengan seribu wajah atau si peniru ulung. Gejala yang biasanya muncul pada penyakit lupus ini adalah nyeri sendi, sendi yang mengalami pembengkakan, mengalaman kelelahan, ruam pada kulit yang tidak hilang, dan juga sensitif pada sinar matahari, serta perubahan kulit yang berubah menjadi warna putih atau juga warna kebiruan pada saat menggigil, sariawan yang tidak kunjung sembuh, dan juga trombosit yang rendah di dalam darah. Jika wanita yang berusia produktif menderita penyakit, melakukan pemeriksaan dan tidak kunjung sembuh juga maka harus dicurigai penyakit lupus.

Penyebab Penyakit Lupus

Hingga saat ini penyebab dari penyakit lupus sendiri  masih belum diketahui. Dari berbagai teori yang bermunculan. Faktor genetik dianggap sebagai salah satu jenis penyebab yang tersering. Namun faktanya adalah hanya 10 persen si penderita dengan kasus penyakit lupus dalam keluarganya.

Namun ada teori lainnya yang menyebutkan bahwa penyebab dari penyakit lupus adalah karena :

  1. Radiasi sinar ultra violet
  2. Akibat bahan kimia
  3. Jenis obat-obatan tertentu
  4. Stres dan juga kadar hormon

Karena penyakit lupus lebih banyak menyerang wanita, dan terutama adalah wanita muda yang berusia produktif sekitar 20-45 tahun, maka para ahli biasanya menduga adanya suatu kaitan dari hormon estrogen. Namun hal ini masih belum bisa dipastikan dengan lebih dalam. Yang jelas adalah apakah penyakit lupus menular atau tidak, jawabannya adalah tidak menular.

Karena hingga saat ini penyebab penyakit lupus masih belum jelas, dan hingga saat ini juga para ahli masih juga belum menemukan obat penyakit lupus yang tepat. Biasanya pengobatan yang dilakukan hanya untuk membantu menurunkan gejala dan terjadinya peradangan, serta dengan membantu menjaga tubuh agar fungsi dari tubuh bisa tetap dalam keadaan yang normal. Pemberian dari terapi dan jenis obat penyakit lupus ini semuanya tergantung dari dibagian tubuh mana yang mengalami peradangan dan seberapa besar tingkat keparahan yang terjadi. Karena itulah,pengobatan penyakit lupus bisa sangat beragam pada setiap orang yang mengalami penyakit ini. Obat untuk kebanyakan penderita penyakit lupus adalah obat anti peradangan, obat kortikosteroid, asetaminofen, dan obat antimalaria.

Penyakit Lupus Menular atau Tidak


=====================================

>>> Jeli Gamat Luxor Untuk Mengatasi Penyakit Penyakit Lupus dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Lupus and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>