Penyebab Penyakit Lupus Eritematosus Sistemik

Penyebab Penyakit Lupus Eritematosus Sistemik Penyakit lupus merupakan salah satu penyakit yang biasanya akan dialami dan diderita oleh mereka sejak mereka lahir dan biasanya sudah didiagnosis oleh mereka mencapai usia 89 tahun. Penyakit lupus eritematosus sistemik adalah penyakit yang disebabkan karena tubuh melakukan reaksi yang dilakukan dengan berlebihan pada stimulus asing dan tidak dikenal dan juga memproduksi banyak antibodi, atau juga protein-protein yang biasanya melawan jaringan tubuh.

Penyebab Penyakit Lupus Eritematosus Sistemik

Penyebab Penyakit Lupus Eritematosus Sistemik

 Penyakit Lupus

Penyebab penyakit lupus eritematosus sistemik adalah disebabkan karena genetikan lupus. Gen bisa memperbesar peluang resiko penyakit lupus dengan cara meningkatkan kemampuan tubuh untuk lebih memproduksi banyak antibody. Gen ini adalah gen HLA (Human Leukocyte Antigen) tingkat II (ada gen tingkat I, II, dan III) dan juga pada gen-gen ini biasnaya akan muncul pada permukaan sel sehingga akan memunculkan zat luar yang disebut dengan antigen. Untuk sel darah putih yang menjadi pusat sistem kekebalan tubuh.

Kerusakan yang terjadi pada gen HLA yang tingkat III akan menyebabkan kurangnya complement atau kurangnya protein penting yang mempunyai peran sebagai peradangan, yang biasanya ditemukan di SLE.

Penyebab penyakit lupus eritematosus sistemik lainnya disebabkan karena faktor lingkuangan. Biasanya faktor lingkungan yang bisa menjadi penyebab penyakit lupus eritematosus sistemik. Penyebab karena mengonsumsi jenis obat-obatan tertentu dan juga zat kimia yang bisa meningkatkan terjadinya resiko penyakit lupus eritematosus sistemik. Faktor lingkingan ini bertindak seperti antigen yang pada akhirnya memberikan reaksi pada tubuh atau dengan cara memasukkan antigen baru ke dalam sistem kekebalan. Berbagia virus dan juga mikroba yang mengubah DNA atau juga mengubah RNA struktur yang penting dalam kromosom dan membuatnya melakukan rangsangan jika mereka merupakan suatu antigen.

Banyak hal yang menjadi penyebab penyakit lupus eritematosus sistemik, misalnya adalah faktor gen, lingkungan, sel T, sel B, antibodi yang bergabung dan kemudian menghasilkan apa yang dikenal dengan penyakit lupus. Namun hingga saat ini belum diketahui secara pasti faktor mana yang paling cocok dan paling kuat yang menyebabkan penyakit ini muncul. Dan hingga saat ini penyakit lupus diketahui hanya terjadi akibat perubahan pada regulasi sistem kekebalan yang membuat tubuh menjadi kebih sensitif pada jaringan selnya sendiri.

Penyakit lupus biasanya menyerang wanita yang berusia muda dengan kejadian puncaknya usia 15-40 tahun selama masa reproduktif dengan ratio wanita dan juga pria 5:1. Selama 30 tahun terakhir ini, penyakit lupus sudah menjadi salah satu jenis penyakit rematik yang paling utama di dunia. Pravalensi dari penyakit lupus yang terjadi pada berbagai negara bisa sangat bervariasi antara 2,9/100.000-400/100.000. penyakit lupus biasanya juga sering ditemukan pada beberapa ras tertentu misalnya adalah ras Negro, ras Cina, dan kemungkinan juga Filipina.

Penyebab Penyakit Lupus

Hingga saat ini penyebab penyakt lupus eritematosus sistemik masih belum diketahui dengan lebih jelas, dimana masih banyak terdapat butki mengenai patogenesis penyakit lupus yang sifatnya multifaktoral misalnya seperti :

  1. Faktor keturunan
  2. Faktor lingkungan
  3. Dan juga faktor hormonal pada respons umum.

Faktor genetik atau faktor keturunan memegang peranan yang sangat penting pada penderita penyakit lupus dengan suatu resiko yang menjadi semakin meningkat pada mereka yang saudara kandung dan pada kembar monozigot. Penelitian terakhir menunjukan adanya banyak gen yang mempunyai peran penting dan paling utama adalah gen yang bisa mengkode unsur-unsur dari sistem kekebalan tubuh. dan diduga kuat berhubungan dengan gen respons imun spesifik pada kompleks histokompabalotas mayor kelas II, yakni HLA-DR2 dan HLA-DR3 serta dengan suatu komponen komplemen yang mempunyai peran dalam suatu fase awal reaksi ikat komplemen yang sudah terbukti jelas. Gen-gen lainnya yang juga mulai ikut berperan adalah gen yang bisa mengkode suatu reseptor sel T, immunoglobulin dan juga sitokin.

Faktor lingkungan yang menjadi salah satu penyebab penyakit lupus eritematosus sistemuk misalnya seperti terjadinya sinar radiasi ultra violet, tembakau, jenis obat-obatan tertentu dan akibat serangan virus. Pada sinar UV yang lebih mengarah pada self-immunity dan juga terjadinya kehilangan suatu toleransi yang bisa menyebabkan apoptosis keratinosit. Selain itu juga, sinar ultra violet yang bisa mengakibatkan terjadinya suatu pelepasan pada mediator imun penderita penyakit lupus dan juga memegang suatu peranan yang penting dalam fase induksi dengan langsung untuk mengubah sel DNA, serta bisa mempengaruhi sel imunoregulator yang jika dalam keadaan normal bisa membantu untuk menekan dari terjadinya suatu kelainan pada peradangan di kulit. Faktor lingkungan yang lain yakni adalah kebiasaan merokok yang bisa menunjukkan bahwa perokok mempunyai resiko tinggi terkena penyakit lupus.

Faktor hormonal sebagai salah satu penyebab penyakit lupus eritematosus sistemik. Kebanyakan kasus penyakit lupus ini lebih menyerang wanita muda dan menurut beberapa penelitian yang dilakukan menunjukkan adanya suatu hubungan yang timbal balik dari kadar hormon estrogen di dalam sistem imun. Estrogen sendiri mengaktivasi sel B poliklonal sehingga akan mengakibatkan suatu produksi dari autoantibodi dengan jumlah yang berlebihan pada penyakit upus. Autoantibodi yang terjadi pada enyakit lupus ini kemudian dibentuk untuk bisa menjadi suatu antigen nuklear. Dan selain itu juga, terdapat suatu antibodi pada struktur sel yang lainnya misalnya adalah eperti eritrosit, trombosit dan juga fosfolipid. Obat penyakit lupus yang diberikan biasanya hanya untuk mengurangi gejalanya saja.

Penyebab Penyakit Lupus Eritematosus Sistemik

Cara Pemesanan Jelly Gamat Obat Penyakit Lupus
Membantu Pengobatan Penyakit Lupus dan Mengurangi Gejalanyajelly-gamat-luxor

Harga 1 Botol Jeli Gamat Luxor Obat Penyakit Lupus Isi 350 ml = Rp. 265.000,-/botolpesansp

Cara Pemesanan: SMS ke 0852-1617-3280, tuliskan : Pesan Jeli Gamat Luxor Obat Penyakit Lupus, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap


=====================================

>>> Jeli Gamat Luxor Untuk Mengatasi Penyakit Penyakit Lupus dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Lupus and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.